Home Android / Aplikasi / Tekno

5+ Tips Mengamankan Android dari Aplikasi Berbahaya

Tips hindari aplikasi bahaya terinstal di android - Bukan hanya komputer saja yang rentan dengan pembajakan, sekarang ini android juga sudah menjadi target orang yang tak bertanggung jawab untuk mengambil data-data penting kalian.

Terlebih, kebanyakan para user android sekarang ini sering kali memakai akses internet jadi hal tersebut bisa di manfaatkan sebagai celah yang sangat pas untuk mengakses semua data informasi yang ada pa smartphone hp kalian.

Disini kalian pasti bertanya-tanya, bagaimana cara orang tersebut bisa masuk untuk mengakses data kita?

Sebenarnya banyak sekali celah yang bisa di tempuh oleh hacker, salah satu nya adalah menggunakan aplikasi. dimana pelaku akan menyisipkan sebuah kode / virus kedalam aplikasi tersebut.

Sehingga saat kalian memasang aplikasi yang telah di sisipi kode berbahaya itu, maka pelaku akan bisa kapan saja untuk memulai aksinya.

Lalu, bagaimana cara agar android kita terhindar dari aplikasi berbahaya tersebut?

Cara Mengamankan Android dari Aplikasi Berbahaya


Tips Mengamankan Android dari Aplikasi Berbahaya

Sebagai upaya untuk mencegah agar kita tidak menjadi korban dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mari kita ketahui bersama cara yang tepat agar terhindar dari aksi pembajakan.

Apa saja langkah yang akan kita lakukan?

1. Hindari Memasang Aplikasi dari Luar Google Play Store


Maksudnya begini...

Bila kalian ingin menginstal aplikasi, pastikan untuk selalu mengunduhnya melalui Play Store.

Jangan sekali-kali melakukan penginstalan melalui pihak ketiga atau dengan mendownload file .apk dari situs web yang tersebar di blog yang tidak jelas, karena bisa saja file .apk tersebut sudah disisipi beberapa file berbahaya.

Langkah ini tidak selalu wajib, tetapi untuk meminimalisir keadaan agar kita tidak menjadi korban pembajakan untuk selalu berhati-hati jika ingin memasang aplikasi.

Alangkah baiknya jika kalian selalu mendownload aplikasi tersebut langsung melalui google play store, karena pihak google play sendiri sangat ketat dalam masalah keamanan terhadap aplikasi yang di upload di play store.

Hal tersebut di tandai dengan di wajibkan nya setiap publisher yang mengupload aplikasi nya ke paly store, untuk rutin setiap bulan nya memperbaharui aplikasi tersebut.

Jadi, bisa dipastikan keamanan bakal lebih susah di tembuh.

2. Tinjau Izin Akses Aplikasi


Apa itu tinjau izin akses sebuah aplikasi?

Gini loh, jika OS android kalian Marshmallow ke atas disana sudah terdapat fitur baru yakni izin aplikasi.

Sebuah aplikasi biasanya akan meminta izin apa saja untuk dapat di jalankan pada handphone android kalian. misal izin kontak, lokasi, penyimpanan dan lain-lain.

Lalu, dalam hal ini apa yang harus kita cek?

Yaitu Aplikasi yang membutuhkan izin tidak wajar atau dalam aplikasi tersebut hanya bisa di jalankan jika semua akses izin dalam keadaan allow saja.

Jika kalian menemui aplikasi seperti ini, harap hati-hati saja.

3. Hindari StoreApp Pihak Ketiga


StoreApp, apa itu?

Maksudnya aplikasi yang serupa dengan Play store, jadi kita bisa mendowload berbagai macam aplikasi dari StoreApp ini.

Menurut saya play store sudah cukup komplit dimana sudah banyak aplikasi yang bisa kita gunakan. walaupun memang ada aplikasi tidak terpublish di play store karena alasan tertentu. jadi aplikasi tersebut mengunggah nya di StoreApp lain.

Nah, dalam hal ini kita harus berhati-hati jika aplikasi yang ingin di pasang bukan dari play store.

Jika perlu lakukan riset apakah memang app tersebut legal ataukah illegal, bila illegal harap hindari saja demi keamanan android kita.

4. Baca Ulasan APlikasi


Dalam play store kita bisa bisa melihat ulasan baik itu positif maupun negatif dari para pengguna aplikasi.

Dengan membaca berbagai macam ulasan yang tertera, disini kita bisa menyimpulkan apakah aplikasi ini bagus atau tidak dari banyaknya ulasan baik atau buruk.

Selain menilai app dari ulasan, dalam play store juga ada fitur rating star.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa memberikan ulasan dan rating star terhadap aplikasi yang kita pakai. sehingga hal ini juga akan membantu developer app tersebut sebagai bentuk saran maupun kritik.

5. Rutin Update Aplikasi


Cara terakhir hindari android dari aplikasi berbahaya adalah dengan rutin memperbaharui aplikasi tersebut.

Seperti yang sudah saya katakan tadi di poin pertama, bahwa google play ketat dalam menerima aplikasi dan juga ketka aplikasi tersebut sudah terunggah di play store.

Dengan Rutin Update aplikasi yang terpasang, hal ini akan memperkuat sistem keamaan aplikasi itu sendiri.

Jadi, pastikan selalu cek aplikasi kalian yaa...

Penutup

Mungkin hanya itu saja poin yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. bila ada yang ingin di pertanyakan tulis saja di kolom komentar.

Bagaimana apakah artikel tentang "Tips Mengamankan Android dari Aplikasi Berbahaya" ini membantu?

Silahkan bantu Blog Maskitul.com ini berkembang dengan cara Subscribe Email Berlangganan, agar bila setiap ada postingan terbaru dan menarik yang saya terbitkan anda tidak ketinggalan untuk membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak. jangan cantumkan link baik itu hidup atau pun mati karna tidak akan di publish. Sebisa mungkin akan saya jawab dengan Cepat. Arigatou :D

to Top