Home Adsense / Blogging

Cara Meningkatkan CPC Google Adsense

Cara Meningkatkan CPC Google Adsense – Dalam artikel saya Tips daftar Google Adsense sampai Full Approve, disana menjelaskan bahwa adsense merupakan jaringan pengiklanan terbesar yang menggunakan sistem CPC (Cost per Click) sebagai penghasilan dari para blogger. Maksudnya begini, jika ada salah satu dari pengunjung anda meng-klik iklan google adsense yang terpasang di situs blog anda, maka anda akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan nilai dari CPC tersebut. Jadi, BPK (biaya per klik) atau CPC ini sangat penting agar Adsense anda cepat PIP tiap bulan.

Memang benar, salah satu cara agar bisa Pay Out cepat dengan google adsense adalah menaikkan CPC. Jadi, jika BPK ini rendah bisa dipastikan bahwa butuh waktu yang lama agar saldo adsense anda bisa cair.

Menaikkan CPC ini adalah cara yang cocok bagi anda yang situs blog nya mempunyai traffic sedikit. Kenapa saya bilang, cocok buat blog yang mempunyai visitor sedikit? Sekarang begini, Masa sudah traffic kecil, posisi artikel tidak di pejwan dan juga ditambah BPK receh, kapan bisa payout tiap bulan kan.

Mungkin anda berfikiran begini, mana bisa? Bukankah niche sebuah blog itu yang menentukan besar kecil nya CPC Google Adsense.

Itu memang salah satunya, contoh saja bila anda membuat blog pakai niche HPK Keyword dengan nilai CPC tinggi. Seperti Otomotif, luxury Car Brands, Asuransi, Lamborghini Reventon, Healthy DLL. Bisa saya pastikan bahwa BPK Blog anda bakal gede.

Namun, berdasarkan pengalaman saya niche gado-gado juga bisa mendapatkan nilai klik yang besar. Walaupun, blog anda juga berbahasa Indonesia bukan target luar negeri (CPC China).


Tips Cara Meningkatkan CPC Google Adsense


Cara Meningkatkan CPC Google Adsense

1. Cukup Memasang 4 Iklan Adsense Saja


Mungkin dari kalian, pasti berfikir memasang banyak iklan akan mempercepat penghasilan google adsense. Ya, tujuan nya jelas agar mendapatkan banyak klik iklan.

Tapi, tunggu dulu…

Saya pernah bereksperimen, dulunya blog ini saya pasang 6-7 unit iklan. Alhasil, walaupun klik iklan yang didapatkan memang banyak. Namun, BPK yang saya terima sungguh menyesakkan dada tidak sampai 100 rupiah.

Kemudian, saya mencoba memasang 4 unit iklan saja. walaupun, klik iklan menurun drastis namun bpk yang tampil bisa mencapai 3.000-6.000 rupiah. Mengherankan bukan?

2. Jangan Blokir / Filter Iklan


Saya pernah membaca sebuah artikel, bahwa untuk meningkatkan CPC Google Adsense adalah memblokir iklan yang mempunyai nilai biaya rendah / kecil. Bagaimana bisa, menurut saya langkah itu kurang bagus dan tidak tepat.

Begini saja, sekarang ini di tahun ini Google banyak melakukan perubahan. Tentunya juga Google Adword mengikuti perubahan tersebut. nah, menurut saya bagaimana jika ada pengiklan baru di AdWord yang menawarkan nilai besar? Pastinya kita tidak ingin melewatkan nya kan?

Dan juga, sampai saat ini saya belum pernah memblokir iklan. CPC yang saya terima juga lebih dari 1000, Walau kadang ada yang ratusan. Tetapi, setelah saya menurunkan jumlah unit iklan BPK saya belum pernah dibawah Rp.100 lagi.

3. Lakukan Eksperimen Saldo Adsense


Melakukan eksperimen memang berguna meningkatkan penghasilan adsense. Disini pihak adsense akan merekomendasikan / memberikan peluang bagus dari eksperimen yang anda terapkan setelah selesai.

Cobalah untuk melakukan Eksperimen Saldo Adsense. Cara nya :

  • Pada halaman Dashbord Google Adsense buka menu >> Unit Iklan >> Saldo Adsense (Ad Balace).
  • Rekomendasi saya, pada rasio pengisian iklan anda setting 70%. Kalo ingin mencoba 80, 100, 90, 75 juga gapapa. setelah itu klik terapkan.
  • Kemudian, klik lagi siapkan eksperimen. 
  • Lalu, pada rasio presentasi saldo iklan buat eksperimen anda setting terserah. Mau 100%, 90%, atau 80% juga bebas.
  • Setelah itu, jalankan eksperimen. Pada tahap ini, anda disuruh mengunggu 90 hari / 3 bulan sampai eksperimen selesai.

Pengalaman eksperimen saya, antara (70 & 75), (70 & 80), (70 & 100) yang di menangkan adalah 70%. Jadi, Rasio saldo iklan (ad balace) yang saya terapkan di adsense adalah 70%. Dan terbukti, membuat CPC Adsense meningkat.

4. Gunakan Unit Iklan Sesuai Bentuk Tata Letak Template


Katanya ukuran iklan dengan BPK tinggi adalah 300x250, Banner atau Ukuran Iklan yang jarang digunakan. Menurut saya itu juga kurang tepat.

Pasalnya, jika kita menggunakan unit iklan yang jarang digunakan pastinya rata-rata iklan yang akan ditampilkan jumlahnya cukup terbatas. Bisa saja, hal itu akan membuat iklan di blog kita tidak tampil.

Pada Google Adsense sekarang ini, unit iklan yang di rekomendasikan adalah responsive di berbagai perangkat, dan browser. Jadi, lebih baik untuk membuat unit iklan yang sesuai tata letak template blog saja.

5. Buat Blog dengn Niche HPK Keyword Tinggi


Kenapa saya memasukkan ini, karena seperti yang saya bilang niche blog itu salah satu cara meningkatkan CPC google adsense.

Dengan membuat Blog dengan memilih niche high hpk. Bisa dipastikan, bahwa BPK blog anda akan melunjak tajam. Tapi, hal ini juga harus di barengi dengan riset keyword yang benar.

Jika anda penasaran, niche apa saja yang mempunyai High CPC. Bisa lihat gambar yang saya lampirkan di bawah.

Cara Meningkatkan CPC Google Adsense

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua yang menekuni dunia blogging ini.

Penutup

Bagaimana Apakah Artikel tentang "Cara Meningkatkan CPC Google Adsense" ini Membantu?

Silahkan dukung saya dengan Subscribe Blog Maskitul.comini dengan mendaftarkan E-mail anda di kotak berlangganan gratis, agar jika terdapat Artikel baru dan menarik yang di posting anda tidak ketinggalan untuk membaca.

Kata kunci buat Artikel ini

  • cara meningkatkan ctr adsense
  • meningkatkan pendapatan adsense
  • cara meningkatkan cpc adsense blog
  • cara meningkatkan bpk adsense
  • cpc adsense tertinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak. jangan cantumkan link baik itu hidup atau pun mati karna tidak akan di publish. Sebisa mungkin akan saya jawab dengan Cepat. Arigatou :D

to Top