[Penting] Lakukan 8 Hal ini Sebelum Mengganti Template Blog

Tips Sebelum Mengganti Template Blog - Merasa tidak nyaman dengan template blog yang saat ini sedang di pakai pastinya membuat kita ingin segera untuk merubah tampilan tema nya, apalagi saat sedang berselancar di mbah google menemukan template baru yang sedikit menggoda mata.

Ada beberapa alasan kenapa harus mengganti template blog, misalnya saja seperti kecepatan dari template blog yang saat ini di gunakan agak lambat, tidak responsive dan SEO Friendly. itu bisa menjadi acuan untuk segera pindah tampilan dari muka lama ke baru.

Itu merupakan hal yang wajar, namanya juga manusia.

Namun, sebelum melakukan pergantian template blog. alangkah baik nya jika anda melakukan hal-hal di bawah ini agar nantinya saat sudah merubah tema blog sudah cocok dan nyaman di gunakan.

Lakukan Hal ini Sebelum Merubah Template Blog Lama ke Baru


Hal yang harus di lakukan Sebelum Mengganti Template Blog

1. Mantapkan Pilihan Template

Untuk melakukan pergantian tampilan template, pertama kali yang harus anda lakukan pastinya memilah tema yang ingin dipakai.

Namun, sebelum memasang template tersebut alangkah baik nya anda memperhatikan beberapa aspek. agar nantinya setelah mengganti template blog yang telah ditetapkan tersebut sudah cocok serta nyaman.

2. Pilih Template Responsive

Kenapa harus responsive?

Jika anda membuat blog untuk di terbitkan ke publik (kemaslahatan orang lain). Hal yang harus di perhatikan yakni mempertimbangkan pengalaman para pengunjung blog.

Hal ini bertujuan biar para pembaca lebih nyaman dan menyukai blog anda. Dengan begitu pasti mereka akan kembali mengunjungi blog anda, karena kesan yang di terima sangat memuaskan.

3. Pilih warna template yang Redup

Masih bertujuan dengan pengalaman pengunjung. Jangan gunakan template dengan kombinasi warna yang cerah dan terlalu mencolok.

Memang, dengan banyaknya variasi warna pada template blog akan membuat keindahan tersendiri. Tetapi, hal ini malah membuat pengunjung anda bisa kabur.

Carilah template dengan warna yang sedikit redup. Karena hal ini bisa membuat betah pengunjung saat membaca.

Contoh saja, coba anda membaca sebuah buku. Yang satu dengan kertas berwarna putih, satunya lagi dengan kertas yang sedikit kuning kecoklatan. 

Bisa saya pastikan, pasti anda akan lebih betah dan tidak akan bosan membaca buku dengan kertas yang berwarna redup kuning kecoklatan ini.

4. Pilih Template dengan 2 Layout

Struktur layout yang baik adalah postingan di sebelah kiri dan sidebar di kanan. Saya tidak tau apa bedanya, tetapi kebanyakan para blogger sukses template blog nya memakai struktur 2 layout seperti diatas.

Pernah saya membaca sebuah ebook, disana di jelaskan rekomendasi template yang bagus adalah seperti itu dengan layout kanan merupakan postingan / homepage dan bagian kiri merupakan sidebar.

5. Cek Kecepatan Template

Pada algoritma google kali ini kecepatan blog sangat berpengaruh terhadap peringkat pada search engine.

Jika tidak percaya, silahkan anda test dengan mengunjungi situs yang berada pada halaman pertama google. Disana pasti rata2 fast blog mereka sangat memuaskan.

Selain itu, jika sebuah blog mempunyai kecepatan yang lambat, lelet dan lemot. Pasti pengunjung akan langsung kabur.

Banyak situs yang tersedia untuk mengecek kecepatan sebuah blog seperti google page speed, GTmetrik, pingdom dll. Anda bisa mencoba semua website tersebut.

6. Ambil Kode [Script] Penting pada Template Saat ini

Hal ini yang biasa saya lakukan. Sebelum mengganti template blog pastikan kamu mengambil semua script penting.

Seperti halnya :

  • Kode Verifikasi Google, Bing, Yandex
  • Kode Alexa Rank
  • Script Adsense (jika memakai)
  • Meta Tag
  • Dan lain lain..

7. Backup Template

Saya sarankan, sebelum anda beralih ke template blog yang baru. Lakukanlah backup / pencadangan terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila nantinya pada template baru terdapat kendala kerusakan atau Error.

Dan, juga bila anda juga ingin kembali ke tema lama karena kangen ataupun kurang memuaskan dari template baru. Jadi tidak perlu repot2 lagi menyusun template dari awal lagi.

Mungkin untuk cara cadangkan ini, anda sudah tau langkah-langkah nya.

Penutup


Mengganti template blog memang sangat mudah dan menggiurkan. Apalagi jika anda menemukan template keluaran terbaru dengan desain tampilan yang keren dan bagus.

Pasti ingin segera mencicip dan mengganti bukan? Tetapi hal itu malah bukan membuat anda mendapat keuntungan melainkan sebuah kerugian.

Terlebih waktu ngeblog anda malah terbuang bukan untuk menulis konten yang sejatinya tujuan utama anda membuat blog.

Mungkin hanya sampai disitu saja.

Bagaimana apakah postingan "8 Hal yang harus di lakukan Sebelum Mengganti Template Blog" ini membantu?

Silahkan dukung saya dengan Subscribe Blog Maskitul.com ini dengan mendaftarkan E-mail anda di kotak berlangganan gratis, agar jika terdapat Artikel baru dan menarik yang di posting anda tidak ketinggalan untuk membaca.

Belum ada Komentar untuk "[Penting] Lakukan 8 Hal ini Sebelum Mengganti Template Blog"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak. jangan cantumkan link baik itu hidup atau pun mati karna tidak akan di publish. Sebisa mungkin akan saya jawab dengan Cepat. Arigatou :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel