Home Android / Tekno

Mulai Lemot? Atasi Kinerja Android biar jadi Cepat dan Stabil Lagi

Cara Mempercepat Hp Android - Punya smartphone dengan spesifikasi yang kurang mumpuni pasti akan membuat anda banyak mengeluh, salah satunya mengenai kinerja (performa) android yang lemot. bahkan untuk ponsel yang kualitas nya bagus pun lama kelamaan akan menjadi lelet juga, semua itu tentunya ada penyebabnya.

Tidak bisa di pungkiri pada zaman serba modern ini smartphone android menjadi kebutuhan utama, bukan tidak mungkin semua aktifitas pekerjaan juga selalu bergantung pada alat canggih ini. jadi jika tiba-tiba hp jadi lemot dan tidak cepat lagi itu akan menjadi masalah yang sedikit menghambat.

Agar kinerja android jadi cepat lagi, kita harus melakukan analisa untuk mengetahui penyebab kenapa hp jadi lelet. Meningkatkan performa agar jadi stabil lagi sehingga saat nantinya di butuhkan kita tidak akan di pusingkan jika android yang di gunakan masih normal dan cepat seperti pertama kali membeli.

Untuk cara mempercepat hp android, akan saya berikan beberapa trick agar nantinya kinerja ponsel menjadi high speed lagi, tentunya tanpa root. jadi anda bisa untuk menerapkan semua langkah tersebut, atau bila handphone sudah kembali ke performa dengan beberapa tips saja itu bagus lagi.

Cara Mempercepat Android yang Lemot Tanpa Root


tips android

1. Update Sistem Operasi (OS)

Ini mungkin menjadi penyebab android anda jadi lemot. karna jika masih menggunakan Operation System yang lawas, kemungkinan masih terdapat bug yang belum di fix.

jadi dengan melakukan pembaharuan OS terbaru file yang corrup tadinya sudah diperbaiki (fix) sehingga kinerja android menjadi maksimal. selain itu biasanya dalam OS versi terbaru juga di tambahkan new fitur, maka tak akan kecewa jika anda melakukan update.

Untuk mengetahui apakah android sudah ada pembahuan anda bisa lihat di setelan handphone. caranya masuk ke menu setting >> software update >> lalu cek for update. jika ada versi update terbaru langsung unduh dan pasang saja.

2. Install Aplikasi yang Penting saja

Banyak app yang terpasang juga bisa menjadi penyebab kenapa android lelet. Setiap aplikasi membutuhkan ruang penyimpanan, itu yang membuat ram menjadi penuh. akibatnya kinerja android menjadi lemot.

Jika di handphone anda terdapat banyak aplikasi, lakukan penghapusan. Pasang app yang menurut anda paling di butuhkan saja. Apalagi jika spesifikasi RAm yang dimiliki smartphone anda minimum, itu akan sangat berdampak terhadap kinerja android.

Luangkan penyimpanan internal, jika bisa gunakan hp yang mendukung penyimpanan eksternal. Dengan begitu anda bisa memindah file-file, gambar, video yang terlalu besar ke SD Card.

3. Hapus Recent Apps

Mungkin banyak dari anda yang kurang memperhatikan hal ini. Recent apps bisa menjadi dampak kenapa android anda menjadi lemot, setelah menggunakan aplikasi sebaiknya jangan langsung pindah buka aplikasi lain.

Hapus terlebih dahulu recent apps nya. semakin menumpuk recent apps maka akan semakin banyak pula menyedot penyimpanan ram, karna aplikasi tersebut sebenarnya masih berjalam.

Jadi setelah menggunakan aplikasi lebih baik langsung hapus history apps nya, biar ruang ram lega.

4. Matikan Auto Sinkronisai

Kadang kala aplikasi melakukan sinkronisasi secara otomatis saat anda menjalankannya. Coba lakukan cek terlebih dahulu apakah auto-sync ini aktif atau nomaktif. caranya anda bisa masuk ke pengaturan >> Account & Sync. jika auto sinkron on, bisa anda matikan saja.

Sinkronisasi memang penting, agar bisa tetap terhubung menggunakan akun yang terpasang di android. tetapi auto-sync ini mempengaruhi kinerja, jadi lebih baik jika di nonaktifkan (off) saja.

5. Bersihkan Cache Data Aplikasi

Cache merupakan penyimpanan data sementara dari aplikasi yang sudah terpakai dan yang sedang di gunakan. Dengan adanya cache ini anda dapat membuka aplikasi dengan cepat karna pernah di gunakan sebelumnya.

Namun, di balik keuntungan nya. jika anda membiarkan data cache ini menumpuk bisa mengakibatkan permorma android anda menjadi lemot. jadi untuk mengatasi hal tersebut anda harus menghapus data cache ini secara berkala.

Caranya, masuk ke menu setting >> Aplication >> All. cari aplikasi yang sering di gunakan lalu cache nya ( bukan data Aplikasi ya).

6. Matikan GPS & Bluetooth

Selain dapat mempengarhui kinerja android. Menyalakan gps dan bluetooth dapat mempercepat panas smarhphone yang anda pakai.

Jadi usahan jika sudah menggunakan kedua alat tersebut, lebih baik langsung di matikan saja.

7. Factory Reset

Sebenarnya melakukan factory reset bisa di lakukan secara berkala, dan hal itu merupakan langkah yang bagus untuk meningkatkan performa ponsel dan di rekomendasikan tentunya.

Tujuan Factory reset yaitu untuk menghapus file-file sampah (error) yang menumpuk di smartphone anda. sehingga setelah ke setelan pabrik nantinya ruang penyimpanan akan sedikit lebih lega dan pastinya performa android balik seperti semula.

Cara melakukan Factory Reset, anda bisa masuk ke setelan >> Backup dan Reset >> factory reset.

Nahh, itulah yang bisa saya bagikan mengenai cara mempercepat android. jika ada banyak kesalahan kata dan penulisan harap dimaklumi saja.

Jika ada pertanyaan yang ingin anda sampaikan kepada saya bisa tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah, sebisa mungkin akan saya respon secepatnya.

Bagaimana Apakah Artikel yang Membahas "Cara Mempercepat Kinerja Android yang Lemot" ini Membantu?

Silahkan Subcribe Blog dan Youtube saya Maskitul agar kalian tidak ketinggalan jika terdapat artikel terbaru yang di Posting dan juga Video Menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan bijak. jangan cantumkan link baik itu hidup atau pun mati karna tidak akan di publish. Sebisa mungkin akan saya jawab dengan Cepat. Arigatou :D

to Top